There was an error in this gadget

Sunday, May 6, 2012

Iklim Di Indonesia

Berdasarkan letak astronominya, Indonesia terletak di daerah tropis (tentunya). Menurut koppen, Indonesia yang memiliki iklim hujan tropis masih dapat dibedakan lagi menjadi 3 tipe, yaitu:

a. Tipe Af atau yang biasa dengan Hutan Hujan Tropis
    Daerah yang memiliki tipe iklim ini merupakan daerah yang memiliki rata-rata hujan bulan paling kering lebih dari 60 mm. Hutan di daerah ini relatif lebat. Wilayah Indonesia yang memiliki tipe iklim Af antara lain: Sumatra, Sebagian kecil Jawa, Sulawesi Utara, Dan Borneo.

b. Tipe Am atau yang biasa dengan Muson tropika
    Daerah yang termasuk dalam tipe iklim ini merupakan daerah-daerah yang memiliki hujan pada bulan-bulan basah yang dapat mengimbangi kekurangan air hujan pada bulan kering. Di daerah ini hutan masih dapat lebat. Di Indonesia wilayah yang mempunyai tipe Iklim ini adalah wilayah sebagian besar Jawa, sebagian Sulawesi Selatan, dan pantai Selatan Papua.

c. Tipe Aw atau yang biasa dengan Savana
    Daerah yang termasuk tipe iklim ini adalah daerah yang memiliki curah hujan pada bulan-bulan basah yang tidak dapat mengimbangi kekurangan air pada bulan-bulan kering. Vegetasi yang ada di daerah ini hanyalah padang rumput. Di Indonesia Wilayah yang mempunyai tipe iklim ini adalah Madura, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi Selatan, dan Kepulauan Aru

Gambar-gambar iklim yang ada di Indonesia:
Hutan Hujan Tropis
HUtan Hujan Tropis

Hutan Hujan Tropika


Dan tipe Aw atau Savana

No comments:

Post a Comment