There was an error in this gadget

Monday, April 16, 2012

Berapa Lama lagi Bui Bisa Bertahan ?



Ada cerita menarik apa hari ini? Kalau Saya, hari ini mendapatkan ‘sentilan’ dari pembicara seminar yang membahas tentang Go Green. Ternyata banyak sekali kealpaan saya dalam menjaga bumi ini, mulai dari ‘lupa’ membuang sampah pada tempatnya hingga menggunakan sumber daya alam seenaknya.go green kelapa sehatPembicara seminar mengeluarkan data yang mengejutkan. Berdasarkan data tahun 2010 Dinas Kebersihan DKI Jakarta menyatakan bahwa produksi sampah plastik di Jakarta mencapai 523,6 ton perhari.Ini baru di Jakarta saja, bagaimana dengan kota tempat kamu tinggal? Lalu apa yang terjadi jika sampah plastik terus ditimbun? Sampah ini akan menyumbat sistem penyimpanan air karena sifatnya yang sulit terurai. Membutuhkan beribu-ribu tahun untuk mengurai sampah plastik.Saya pun bergidik membayangkannya, oke mungkin ini saatnya Saya berpartisipasi dalam kampanye menyelamatkan lingkungan (Go Green). Ternyata hal-hal kecil berikut ini bisa membuat umur bumi kita tercinta lebih panjang.
  1. Save Water. Saat kamu menyikat gigi, matikan kran wastafel, jika kamu menyikat gigi selama kurang lebih 5 menit saja, bisa kamu bayangkan berapa banyak air bersih yang terbuang. Dengan begitu kamu sudah mendukung Go Green dalam menghemat air bersih.
  1. Save Environment. Sekarang ini rasanya Saya lebih sulit menghitung jumlah mal dibanding taman kota. Padahal menanam pohon di sekitar kita ternyata akan meregenerasi bumi kita. 
  1. Say no to plastic. Saat kamu berbelanja, walau hanya ke mini market dekat rumah, bawalah selalu tas belanja sendiri. Dengan begitu kamu bisa mengurangi jumlah sampah plastik di bumi, termasuk juga sampah kemasan dari plastik termasuk minuman dalam kemasan botol plastik.

Untuk poin yang terakhir Saya sudah melakukannya, karena Saya lebih suka menggunakan minuman kemasan non plastik. Yup, HYDRO menggunakan kemasan Tetraprisma  yang berbahan dasar kertas sehingga mudah didaur ulang, lebih ramah lingkungan kan?.Selain selektif memilih kemasan produk, Saya juga selektif memilih kandungan dalam produk yang akan dikonsumsi. Agar tubuh lebih sehat, Saya memilih produk yang terbuat dari bahan alami. Bahan pengawet ataupun unsur sintetis lainnya yang terdapat dalam produk makanan atau minuman dapat mengakibatkan gangguan pada metabolisme tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kanker.Pembicara seminar juga membeberkan fakta-fakta menyedihkan yang terjadi di bumi kita, hutan seluas lapangan sepak bola hilang setiap detiknya, Gletser di Greenlan mencair lebih cepat 100 kali lipat dalam kurun waktu 30 tahun belakangan ini, dan masih banyak lagi. Paparan tersebut membuat saya berpikir,berapa lama bumi akan bertahan jika hal tersebut terus berlangsung?Namun sayangnya tidak semua produk baik untuk lingkungan dan kesehatan tubuh. Untungnya minuman favorit Saya, HYDRO, bisa memenuhi kedua hal penting tersebut. Kemasannya ramah lingkungan dan isinya pun baik untuk tubuh.

1 comment: