There was an error in this gadget

Saturday, March 12, 2011

HUTAN SUAKA ALAM

Hutan suaka alam adalah hutan atau kawasan hutan yang dikelola untuk melindungi kekayaan keanekaragaman hayati atau keindahan alam di dalamnya. Istilah lainnya adalah hutan konservasi atau kawasan konservasi.
Termasuk ke dalam katagori hutan suaka alam adalah :
  1. kawasan suaka alam seperti halnya cagar alam dan suaka margasatwa
         Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami. Contoh kawasan yang dijadikan cagar alam di Indonesia adalah Pananjung Pangandaran di Jawa Barat dan Nusa Kambangan di Jawa Barat.

         Suaka Margasatwa adalah Hutan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman dan atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya. Hutan lindung juga dapat di kategorikan sebagai kawasan suaka alam.

Tempat-tempat cagar alam dan suaka margasatwa di Indonesia sebagai tempat penangkaran hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi pemerintah :
  • Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu yang terdapat di Kabupaten Bengkalis dan Siak, Riau, bakal menjadi tempat penangkaran labi-labi lokal (Amyda cartilaginea).
  • Cagar alam pulau bawean sebagai tempat pelestarian rusa bawean salah satu jenis rusa yang hanya ada dipulau tersebut dan dikategorikan langka oleh pemerintah.
  • Cagar Alam Pananjung Memiliki berbagai flora dan fauna langka seperti Bunga Raflesia Padma, Banteng, Rusa dan berbagai jenis Kera.
  • Suaka margasatwa taman safari yang ada di Bogor memiliki banyak sekali hewan-hewan yang hamper punah.
  • Suaka margasatwa ragunan yang ada di jakarta
    2. kawasan pelestarian alam seperti taman nasional, taman wisata alam dan taman hutan raya didaratan.     

       Taman nasional merupakan tanah yang dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Taman nasional merupakan kawasan yang dilindungi (protected area) oleh World Conservation Union Kategori II. Taman nasional terbesar adalah Northeast Greenland National Park. yang didirikan sejak tahun 1974.
  • Taman Nasional Bali Barat sebagai tempat penangkaran jalak bali yang dikategorikan hewan langka, karena penangkapan dan penjualan jalak oleh tangan-tangan manusia.
  • Taman Nasional Ujung kulon tempat penangkaran badak bercula satu yang hampir punah, hewan ini hanya ada di Indonesia
  • Taman Nasional Bunaken.
  • Taman Nasional Pulau Komodo.

Ayo kita jaga Indonesia kita tercinta. Dari kepunahan hewan dan tumbuhan.

No comments:

Post a Comment